Permukaan Air Laut Berpotensi Naik 1 Meter Abad Ini

Permukaan air laut berpotensi naik hingga 1,2 meter dalam abad ini, tahun 2100. Hal itu bisa terjadi, jika emisi gas rumah kaca tidak mampu dikurangi.

Perkiraan kenaikan permukaan air laut itu merupakan hasil kajian dari sebanyak 90 ahli dari Amerika Serikat dan Jerman. Mereka meniliti peningkatan muka laut.

Menurut para peneliti, jika terjadi pengurangan emisi yang kuat, mereka meramalkan kenaikan air laut hanya akan mencapai 40-60 sentimeter tahun 2100 dan 60-100 sentimeter pada 2300.

"Hasil skenario dengan mitigasi iklim menunjukkan peluang bagus untuk membatasi kenaikan muka laut menjadi satu meter," kata Stefan Rahmstorf dari Postdam Institute for Climate Impact Research.

"Skenario emisi tinggi akan mengancam keberlangsungan kota-kota tepi pantai dan pulau-pulau di dataran rendah," katanya seperti diberitakan laman Science Daily.

Meski demikian proyeksi kenaikan permukaan air laut tersebut masih diliputi ketidakpastian karena proses fisik yang menyebabkan kenaikan itu kompleks. Proses itu mencakup perluasan air laut ketika menghangat, melelehnya gunung gletser dan tudung es dan dua lapisan es luas di Greenland dan Antartika, serta pemompaan air tanah untuk irigasi.

Penilaian kenaikan permukaan air laut yang dilakukan kelompok ilmuwan lain bahkan menghasilkan proyeksi lebih tinggi. Kenaikan permukaan air laut yang diukur menggunakan satelit selama dua dekade lebih juga telah melampaui ekspektasi awal.


Sumber: zamrudtv.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar